Selasa, 26 Maret 2013

TATA CARA UNTUK MENGAKSES INTERNET

TATA CARA UNTUK MENGAKSES INTERNET

      A. Penyedia Layanan Internet
 
Setiap orang atau perusahaan tidak dapat mengakses internet seara langsung meskipun mereka telah memiliki perangkat untuk akses internet seara lengkap. Agar dapat melakukan akses internet, mereka harus terdaftar dan melakukan koneksi melalui penyedia layanan internet. Penyedia layanan internet dapat dibedakan berdasarkan tingkat layanannya sebagai berikut:
    
      1.      Internet network provide ( INP ), yaitu penyedia layanan jaringan menuju ke global internet. Contoh penyedia layanan INP adalah indosat
    
      2.      Internet service provide ( ISP ), yaitu sebuah perusahaan yang memberikan akses internet secara individu atau untuk perusahaan dan berbagai macam layanan lain yang berhubungan dengan internet, sepetri website dan virtual hosting. Beberapa contoh ISP di Indonesia adalah Telkomnet instan, indosatnet, dan wasantara.
    
      3.      Internet content provide ( ICP ), yaitu layanan jasa dalam pembuatan halaman web, penyajian informasi ke portal bahkan membuat situs web. Contohnya adalah GudegNet, Dapurweb, dan interaktif
Layanan yang diberikan oleh ISP untuk terhubung ke internet ada berbagai cara, antara lain sebagai berikut:
       
  •  Dial-up ( Saluran Telepon Rumah )
Menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan saluran telepon rumah ( dial-up ) merupakan cara termudah untuk mengakses internet. Namun, kita harus memiliki modem yang terpasang dikomputer dan dihubungkan dengan saluran telepon serta telah mendaftarkan ISP, misalnya ke Telkomnet instan. Kelebihan koneksi internet dial-up adalah jaringan luas. Asalkan sudah terpasang telepon, kita dapat menggunakan asks ini. Adapun kekurangan dari akses dial-up adalah harga yang masih relatif mahal, kecepatan kurang stabil, dan sangat bergantung pada beban percakapan jaringan telepon. Selain itu, mobilitas hanya disatu tempat.
  •  Teknologi ADSL
ADSL ( Asymmetric Digital Subscriber Line ) adalah teknologi yang menggunakan saluran telepon buasa digunaka untuk melewatkan sinyal digital dengan kecepatan tinggi untuk mengirimkan data. Teknologi ADSL memberikan kecepatan akses internet untuk perorangan atau perusahaan. Selain itu, sambungan tidak akan terganggu walaupun ada telepon masuk dan telepon keluar. Kelemahannya adalah adsl mesih relative mahal apabila digunakan oleh perorangan dan jaringan koneksi ini belum bisa tersedia diseluruh daerah.

  • Wireless
Wireless atau yang dikenal dengan Wi-Fi ( Wireless Fidelity ) adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi. Frekuensi yang digunakan 2,4 GHz. Dengan menggunakan Wi-Fi, kita dapat mengakses internet dengan cepat. Wi-Fi mempunyai akses 11 Mbps karena tidak menggunakan kabel ( nirkabel )

Jumlah ISP sangat banyak dan beragam. Masing masing ISP memiliki jenis layanan dan harga yang berbeda. Beberapa kriteria yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih ISP adalah harga, Technical Support, kecepatan modem, dan akses jaringan. Biasanya, harga menjadi pertimbangan utama. Namun demikian, jangan tertipu dengan murahnya jasa yang ditawarkan. Dengan harga murah, banyak fasilitas yang dihilangkan atau diberi batas waktu penggunaan. Oleh karena itu, pilihlah ISP sesuai dengan kebutuhan.
 
B. Pemasangan Modem
 
Memasang modem internal dapat menjadi sangat mudah atau menjadi mimpi buruk yang sangat menakutkan. Modem internal merupakan kartu internal yang dipasang di dalam komputer, maka pemasangannya lebih sulit daripada modem eksternal.


1. Matikan komputer, cabut kabel power-supply nya, dan buka casing komputernya.

2. Sekarang pilih slot kosong untuk modem tersebut. Pada umumnya modem menggunakan slot 8-bit dan 16-bit yang dapat dipasang pada slot ISA. Sedangkan untuk modem model terbaru menggunakan slot 64-bit dan dapat dipasangkan pada slot PCI (kecuali untuk modem jenis terbaru yaitu AMR - Audio Modem Riser yang menggunakan slot khusus).

3. Lepaskan besi penutup slot yang ada di belakang komputer. Jika menggunakan baut gunakan obeng yang sesuai dan simpan baut tersebut.

4. Keluarkan modem dari dalam bungkusannya dengan hati-hati. Pasangkan modem ke dalam slot yang tersedia serta pastikan telah terpasang dengan baik.

5. Pada bagian belakang modem terdapat plat besi yang menutupi
lubang yang pada langkah ke 3 kita buka, kecangkan dengan baut yang tersisa.

6. Sekarang sambungkan kabel telepon kalian ke modem, dari terminal telepon ke “line” pada modem, lalu jika ingin kalian dapat menghubungkan ke telepon melalui konektor yang ada di sebelahnya yang bertuliskan “phone”.

7. Lalu sambungkan kembali semua kabel pada komputer dan nyalakan komputer. Mungkin lebih baiknya untuk sementara biarkan saja dulu casing komputer tetap terbuka sampai kalian berhasil menjalankan modem dengan baik, sebab kemungkinan kita harus melepas kembali modem tersebut.

8. Komputer seharusnya melakukan boot secara normal, jika menggunakan Windows 9x dan modem kalian mendukung fasilitas plug-n-play semestinya komputer dapat menemukan modem baru yang terpasang pada saat permulaan Windows mulai dan meminta drivers. 
Bila modem tidak terdeteksi secara otomatis, coba lakukan setting modem kalian secara manual untuk menggunakan COM Port dan IRQ yang tidak terpakai. 
Setelah Windows dapat mengenali modem kalian, lalu ikuti perintah yang ada di layar monitor dan install driver beserta softwarenya. Apabila diantara kalian masih ada yang menggunakan Windows 3.1, pertama-tama kalian dapat mencoba modem kalian di Terminal di dalam Accessories. 
Ketikkan perintah, seperti AT, jika menghasilkan respon OK berarti modem kalian kemungkinan berjalan dengan baik. 
Tetapi apabila kalian tidak dapat memasukkan perintah kepada modem atau mendapatkan respon Error berarti modem kalian belum di setting dengan betul, mungkin kalian harus mencoba COM Port dan IRQ yang lain. Jika hal tersebut berhasil lanjutkan dengan meng-install driver beserta softwarenya.  
 
C. Penyambungan ke Internet Melalui ISP
 
  Tata Cara Penyambungan Internet Melalui ISP
a. Langkah awal untuk membuat koneksi dengan Telkomnet, yaitu bukalah ‘Network Conection’ yang berada pada Start> Settings>Network Connections.
b. Kemudian pilihlah menu ‘Create a new connections’ pada bagian kiri atas, bila muncul tampilan “New Connection Wizard”maka tekan tombol ‘Next’
c. Kemudian kliklah ‘Connect to the Internet’, lalu tekan tombol ‘Next’
d. Selanjutnya kliklah ‘Set up my connection manually’ lalu tekan tombol ‘Next’
e. Kliklah ‘Connect using a dial-up modem’ lalu tekan tombol ‘Next’
f. Tuliskan nama ISP yang akan dihubungi, misalnya “Telkomnet”. Kemudian tekanlah tombol “Next’
g. Selanjutnya isikan nomor telepon ISP Telkomnet, yaitu 080989999. Kemudian tekanlah tombol ‘Next’
h. Langkah berikutnya adalah mengisikan user name dan password untuk Telkomnet, user name-nya adalah telkomnet@instan dan pasword-nya telkom. Selanjutnya tekanlah tombol ‘Next’
i. Tekan tombol ‘Finish’ untuk mengakhiri pembangunan koneksi ke ISP, maka akan muncul tampilan ‘dial-up’ berupa tampilan “Connect Telkomnet”
j. Untuk melakukan koneksi ke Telkomnet, tekanlah tombol ‘Dial’. Kemudian muncullah tampilan yang menunjukkan komputer sedang membangun koneksi dengan Telkomnet yaitu ditandai dengan tulisan “Connecting Telkomnet…..”connected
k. Setelah pembangunan koneksi berhasil, maka akan muncul pesan “Telkomnet is now connected” yang menunjukkan bahwa kita telah terhubung dengan Telkomnet. Selanjutnya kita dapat nge-net sepuas-puasnya tapi musti ingat pulsa friend, meskipun cuma pulsa lokal… Soalnya ni gak gratis bosss.
l. Untuk memutuskan hubungan dari Telkomnet, klik kanan mouse pada koneksi jaringan. Kemudian pilihlah menu ‘Disconnect’.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar